Yuk Kenali Tubuh Sendiri

Si prasekolah sekaligus balajar pola hidup bersih dan sehat sejak dini. Bagaimana cara? “dua mata saya, hidung saya satu dua kaki saya, pakai sepatu baru dua telinga saya, yang kiri dan kanan, satu mulut saya, tidak berhenti makan!” Lagu itu dinyanyikan dengan riang oleh anak-anak TK saat di kelas. Sambil berdiri, mereka bernyanyi menirukan gerakan guru sesuai lirik lagu. Ketika kata-kata “hidung saya satu” dinyanyikan, anakanak langsung memegang hidung masing-masing. Tapi ada saja anak yang “jahil” pegang hidung temannya sambil dipencet-pencet.

Hmm… betapa ceria mereka bernyanyi. Lagu tersebut pastinya familiar juga ditelinga Mama Papa, bukan? Saat kecil, ketika duduk di bangku TK, Mama Papa menyanyikan lagu yang sama. Boleh jadi Mama Papa masih hafal lirik itu sampai sekarang. Ya, kalau kita perhatikan, kata-kata dalam lirik lagu tersebut memiliki makna penting yang bisa dipetik oleh anak-anak usia prasekolah, yaitu pengenalan anggota tubuh. Tak hanya itu, anak bisa sekaligus belajar tentang fungsi serta cara merawat/membersihkan masing-masing anggota tubuh.

Tujuan yang lebih luas lagi, anak belajar mengenal, memahami serta mempraktikkan seharihari pola hidup bersih dan sehat sejak dini. Tentunya dengan aktivitas yang berulang-ulang sehingga menjadi pembiasaan. Karena itu, penting bagi orangtua, juga guru, mengenalkan anggota tubuh, fungsi serta cara merawat pada si prasekolah. Di masa ini, kemampuan kognitif anak sedang pesat-pesatnya sehingga pembelajaran akan mudah diserap. Di sisi lain, pada tahap ini, rasa ingin tahu si prasekolah makin tinggi sehingga tepat bila diajarkan seputar anggota tubuh, fungsi, dan cara menjaga kebersihannya. Nah, bagaimana cara mengajarkannya? Salah satunya melalui kegiatan bernyanyi, “Dua mata saya, hidung saya satu….”

Anak juga perlu mengenal nama dan fungsi alat kelamin. Hindari menggunakan istilah “burung” untuk alat kelamin penis. Selain itu, anak sekaligus dikenalkan dengan pendidikan seks. Di rentang usia ini, pendidikan seks lebih pada pengenalan perbedaan organ laki-laki dan perempuan, serta apa yang boleh atau tidak boleh dilakukan. Contoh: saat mandi, jelaskan tentang perbedaan anatomi keduanya. Lalu, jelaskan bahwa bagian yang tertutup ini tidak boleh dipegang orang lain. Usai mandi, pastikan anak sudah mengenakan baju atau memakai handuk lalu segera ke kamar untuk memakai baju.

Simak juga informasi lengkap mengenai tempat terbaik untuk kursus IELTS di Jakarta.