Inilah 5 Fakta Menarik Tentang Gebyok yang Jarang Diketahui

Gebyok sebagai  ornamen furniture jepara kini bisa anda tambahkan di hunian baru rumah anda dan menciptakan dekorasi rumah bernuansa etnik tradisional yang seolah-olah membawa kita kembali pada masa lampau. Beragram konsep rumah kini bisa kita jumpai di sekitar kita. Dari rumah berkonsep gaya mewah Eropa, Italia bahkan rumah-rumah dengan nuansa etnik tradisioanl seperti rumah adat orang Jawa yang penuh dengan filosofi pun juga banyak yang diminati oleh masyarakat moden zaman sekarang.  Tahu gak sih? Jika gebyok memiliki fakta-fakta yang sangat menarik dan belum banyak dimengerti. Mau tahu fakta menarik apa saja yang ada dalam gebyok jati? Yuk simak dalam rangkuman berikut;

1. Penuh Nilai Seni dan Budaya

Salah satu furniture jepara yang sering dijadikan sebagi pembatas ruang, maupun pintu depan rumah ini ternyata memiliki nilai buaya yang sangat tinggi, terlebih lagi untuk gebyok yang berada dalam bangunan-bangunan bersejarah. Selain itu, gebyok yang biasanya dipenuhi dengan motif ukiran jepara ini juga menjadi sebuah karya seni original yang memiliki nilai estetika sangat tinggi.

2. Nama Desa di Jawa Tengah

Gebyok yang biasa sering kita jumpai dalam dekorasi ruangan maupun pintu ternyata adalah nama sebuah desa di Provinsi Jawa Tengah. Tepatnya adalah di Kabupaten Karanganyar, dekat Surakarta. Untuk saat ini, belum ada keterangan lebih lanjut mengenai kesamaan nama tersebut. Apakah nama tersebut berdasarkan di daerah itu merupakan pusat pembuatan kerajinan gebyok atau tidak, belum ada abar lanjutan dari pihak terkait.

3. Penuh Makna

Salah satu gaya yang bisa dijuluki sebagai everlasting style adalah gaya etnik. Gaya ini dijuluki demikian sebab gaya etnik lebih bisa menyatu antara dunia desain dan juga kultur lokal. Kehadiran gebyok dalam sentuhan konsep bergaya etnik dengan motif penuh arti, simbol dan makna mendalam dari sebuah sejarah tidak terlepas dari peran seni ukir dan pahat kayu di dalamnya. Pesona flora dan fauna menjadi salah satu  unsur kekayaan lokal yang banyak diadopsi ke dalam motif ukiran gebyok jati.

4. Mudah Menyatu dengan Interior

Meskipun gebyok merupakan dekorasi bergaya etnik tradisional, gebyok sangat mudah berbaur dan menyatu dengan interior, bahkan sangat matching dengan interior yang menggunakan bahan kayu sebagai elemen utamanya.

5. Unsur Etnik yang Indah

Rumah-rumah dengan gaya etnik tradisinoal justru terlihat sangat indah nan megah dengan kesan yang seakan menyatu dengan alam. Kesan yang jarang bahkan sama sekali tidak bisa didapatkan dari gaya-agay atau konsep model lain. Hal ini terjadi mungkin sebab nilai-nilai yang terkandung di dalmnya benar-benar memiliki arti filosofi yang begitu mendalam.