Persija Belum Terkalahkan

Persija Belum Terkalahkan

Persija Belum Terkalahkan – Skuad Persija Jakarta bersiap menuju Malang, Jawa Timur, untuk menantang Arema FC di pekan ke-19 Liga 1 2018 pada Ahad esok. Tren positif, yaitu menang dua kali beruntun dalam pertandingan terakhir, menjadi modal penting dalam lawatannya ke markas Singo Edan julukan tim tuan rumah. “Pertandingan pertama pada putaran kedua, kami mendapat poin penuh. Ini sangat positif buat tim,” kata Kapten Persija, Ismed Sofyan, kemarin.

Dalam laga perdana putaran kedua itu, skuad asuhan Stefano Cugurra Teco tersebut berhasil menumbangkan juara bertahan Bhayangkara FC pada Jumat pekan lalu di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, dengan skor 1-0. Gol tunggal dicetak oleh Ismed Sofyan elalui tendangan bebas dari jarak jauh. Sebelumnya, Macan Kemayoran juga menang 2-0 atas Mitra Kukar di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kalimantan Timur.

Dalam laga penutup putaran pertama itu, pemain baru Persija, Osas Saha, berhasil mencetak satu gol, sedangkan satu lagi dicetak oleh penyerang andalan, Marko Simic. “Tentunya tren apik ini harus dipertahankan saat bertemu Arema FC,” kata pemain yang biasa dipanggil Bang Haji ini. Ismed menambahkan, datangnya sejumlah pemain baru, seperti Renan Silva, diharapkan mampu menambah kekuatan Persija dalam menghadapi putaran kedua.

Menurut dia, pelatih juga semakin leluasa merotasi pemain. “Ini menjadi banyak pilihan di setiap posisi,” kata dia. “Kami sudah siap dalam laga nanti.” Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco, memboyong semua pemain terbaiknya untuk melawan Arema FC. Teco menekankan kepada anak asuhannya untuk optimistis mendapatkan tiga poin di Malang. “Target mendapatkan poin penuh agar para pemain tidak kehilangan fokus,” ujar Teco. Meski demikian, Teco mengatakan bahwa pasukannya tak bisa meremehkan Arema FC. Menurut dia, skuad asuhan Milan Petrovic itu banyak berbenah menghadapi putaran kedua. Hal itu terbukti dengan datangnya pemain-pemain berkualitas, seperti Hamka Hamzah, Alfin Tuasalamony, serta penjaga gawang asal Serbia.

“Pertandingan nanti pasti akan berjalan ketat,” kata Teco. Bek tangguh Hamka Hamzah secara resmi diperkenalkan di kantor Arema FC pada pertengahan bulan lalu. Manajer Umum Arema FC, Ruddy Widodo, mengatakan Hamka bukanlah wajah baru bagi Arema FC. Sebelumnya, dia pernah memperkuat tim Singo Edan pada musim kompetisi 2016. Hamka merupakan sosok senior di sepak bola Indonesia yang perannya saat ini sangat dibutuhkan oleh Arema FC. Di tim Arema FC, Hamka akan menambah kekuatan lini belakang.

Sebelumnya, sudah ada nama bek asal Brasil, Arthur Cunha, serta Purwaka Yudhi dan Bagas Adi Nugroho. Kali ini Arema FC akan berusaha memetik poin penuh setelah menelan kekalahan 3-4 dalam laga terakhirnya melawan tuan rumah Mitra Kukar di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, akhir pekan lalu. Mitra Kukar berhasil unggul di menit akhir lewat Bayu Pradana.

Hasil ini membuat Arema FC berada pada posisi ke-11 dengan 23 poin. Antusiasme menyambut pertandingan Arema FC melawan Persija di Stadion Kanjuruhan tak hanya datang dari kubu tuan rumah. Ketua panitia penyelenggara Arema FC, Abdul Haris, mengatakan telah menyediakan tiket untuk Jakmania, pendukung Persija. “Distribusi tiket untuk Jakmania telah kami komunikasikan dengan pihak Persija,” kata Abdul seperti dilansir situs Arema FC. Menurut dia, sudah ada 5.000 tiket untuk pendukung Jakmania dan jumlah tersebut bisa bertambah dua kali lipat. “Kami masih menerima telepon soal permintaan tiket dari suporter Persija yang berada di luar Jakarta, termasuk juga yang berada di Malang.”