Categories
Teknologi

Belajar Bahasa Asing Lewat Ponsel Bagian 2

Agar belajar menjadi lebih semangat, Duolingo menyediakan ftur untuk berkompetisi dengan orang lain. Dari sini Anda bisa berkompetisi dengan kerabat dalam hal mengumpulkan nilai dan menjadi yang terbaik. Bagitu pula dengan fitur Store yang menyediakan berbagai item yang bisa Anda beli menggunakan Lingot (mata uang Duolingo). Sayangnya, kedua ftur ini tidak (belum) tersedia pada Duolingo bagi pengguna Windows Phone.

Kinerja Aplikasi Duolingo memiliki ukuran fle yang kecil. Tampilannya sederhana namun menarik. Karena sebagian besar menggunakan animasi berbasis teks, kinerjanya cukup ringan dan tidak membebani meski digunakan pada ponsel low­end. Inovasi Yang menarik dari Duolingo adalah kesederhanaan metode pembelajaran yang diterapkannya. Anda tidak hanya diberikan pembelajaran secara tulisan, namun juga tulisan dan pendengaran.

Sehingga inovasi ini membuat pengguna bisa lebih memahami bahasa yang sedang dipelajarinya. Daya saing Duolingo menawarkan sesuatu yang beda. Biasanya aplikasi belajar bahasa asing kebanyakan ha nya sekadar melakukan terjemah an bahasa dan terkesan membosankan. Dengan Duolingo Anda akan mempelajari suatu bahasa namun dengan gaya seperti sedang bermain suatu game. Hal ini tentu saja membuat proses belajar menjadi lebih menarik dibanding aplikasi sejenis yang cendrung lebih mirip dengan kamus saja.

Categories
Teknologi

Belajar Bahasa Asing Lewat Ponsel

Teknorus.com – Belajar bahasa asing tidak hanya bisa dilakukan di sekolah ataupun tempat kursus. Dengan semangat yang gigih, Anda juga bisa belajar bahasa asing langsung dari ponsel. Lewat Duolingo, Anda bisa melakukan pembelajaran bahasa asing dengan cara yang unik. Berbagai pilihan bahasa tersedia di Duolingo. Mulai dari Spanyol, Perancis, Portugis, Italia, Jerman, Inggris, dan lainnya. Menariknya, metode belajar sambil bermain coba diterapkan aplikasi ini.

Baca juga : Gambar Keren

Dengan segala ftur yang dihadirkan, Duolingo pernah terpilih sebagai App of the Year 2013 untuk iPhone, serta Best of the Best untuk Android di tahun yang sama. Aplikasi besutan Luis von Ahn ini telah mencapai lebih dari 50 juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Dayu akbar User interface Duolingo dibuat untuk memudahkan penggunanya dalam belajar bahasa asing. Oleh karena itu tampilannya pun dibuat semudah mungkin agar pengguna yang baru pertama kali menggunakannya tidak akan kebingungan dengan tampilan yang ada.

Hadir dengan warna dasar cerah, aplikasi ini menampilkan animasi sederhana dengan tampilan berupa teks dan gambar. Meski demikian, kesederhanaan tersebut cenderung agak membosankan bagi sebagian pengguna. Fitur Pada awal pembelajaran Anda akan dimulai dengan pelatihan dari tingkat dasar dan nantinya berlanjut hingga tingkat mahir. Tahapan tersebut mesti dilalui secara bertahap. Anda tidak bisa melakukan pelatihan secara acak dalam satu sesi tanya jawab sebelum menyelesaikan tahapan awal.

Tahapan yang sudah diselesaikan dan dilalui akan ditandai menggunakan ikon yang berwarna sedangkan tahapan yang belum diselesaikan dan dilalui masih ditampilkan menggunakan ikon berwarna abu­abu. Meski demikian, Anda tetap memiliki pilihan untuk langsung melanjutkan ke tahap selanjutnya dengan langsung melompati beberapa sesi.

Untuk melatih kemampuan bahasa Anda, Duolingo menerapkan sistem pertanyaan menarik yang ditampilkan secara tulisan, suara, serta gambar. Dalam satu sesi pertanyaan, Anda akan diberi kesempatan untuk menjawab dan tidak boleh melakukan kesalahan lebih dari tiga kali yang ditandai dengan gambar tiga hati dipojok kiri atas. Jika gagal, pertanyaan akan terhenti dan Anda mesti mengulang sesi tersebut dari awal.

Duolingo mendukung sebanyak 21 bahasa dari seluruh negara di dunia dan tidak tertutup kemungkinan diwaktu depannya pihak pengembang akan menambahkan beberapa bahasa dari negara lainnya. Khusus untuk bahasa Indonesia, Anda hanya bisa memilih pembelajaran bahasa Inggris saja. Sedangkan jika bahasa utama Anda adalah bahasa Inggris, Anda bisa memilih untuk mempelajari berbagai bahasa yang terdiri dari Spanyol, Perancis, Jerman, Italia, Portugis, Belanda, Irlandia, Denmark, dan Swedia. Pilihan bahasa lainpun memiliki pilihan pembelajar an bahasa lainnya yang berbeda.